Mengenali Khasiat Daun Katuk Bagi Kesehatan Tubuh

Selamat datang di website kami TOKO RANA >> Selaku penjual resmi obat herbal Terpercaya, handal dan berpengalaman di Indonesia. Nah, pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan sedikit informasi mengenai daun katuk. Mari, kita mengenali khasiat daun katuk bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui !

Hasil gambar untuk manfaat daun katukDaun katuk dengan nama latin Sauropus Androgynus (L) Merr, ialah tumbuhan sayuran yang banyak di temukan di nusantara. Daun katuk bisa di jadikan sayur yang lezat, bahkan kaum ibu menyusui sering konsumsi daun ini agar ASI ekslusif keluar dengan lancar. Tak hanya itu, sejak ratusan tahun lalu hingga saat ini daun katuk menjadi buah bibir di kalangan masyakarakat karena sering di pakai untuk ramuan alternatif sebab mengandung banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Ciri spesifik daun katuk :

Tanaman ini berbentuk perdu, dengan ketinggian berkisar 2-3 m karena itu, sering di jadikan pagar rumah. Cabang sedikit lunak dan terbagi daun tersusun selang-seling di 1 tangkai, lonjong sampai bundar dengan panjang 2,5 cm serta lebar 1,25-3cm. Bunga tunggal / berkelompok tiga. Buahnya bertangkai panjang 1,25 cm. Bisa berbuah kemudian berbunga.

Baca juga :: Inilah obat herbal batuk croup pada anak

Tahukah Anda, apa saja kandungan khasiat pada daun katuk itu ? Kaya akan zat besi, kalsium fosfor, vitamin A, B, dan C, protein, serat efedrin, dan air.
  • Kandungan Vitamin C dalam katuk jauh lebih besar daripada jeruk atau jambu biji. Vit C penting guna pembentukan kolagen yang baik untuk tulang, sebagai pengangkut lemak, mengatur kolesterol, komponen baik untuk menyehatkan gusi, mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak serta daya tahan tubuh secara alami.
  • Kandungan Vitamin A dalam daun katuk begitu baik guna memelihara kesehatan mata. Klorofil dapat membantu proses fotosintesis dalam tumbuhan juga sangat bermanfaat untuk membersihkan jaringan tubuh serta pembuangan sisa limbah metabolisme kita, dari racun, parasit, bakteri, virus. Turunan klorofil feoditin berfungsi sebagai antioksidan, clorophyllide menggali ke dalam sel atau jaringan dan mengangkat senyawa hidrokarbon contohnya : Pestisida, timbunan obat, parasit, bakteri, bahkan virus dari dinding sel agar keluar dari dalam tubuh.
  • Ada sekitar 7% protein dan serat kasar sampai 19%. Daun katuk ini kaya akan vitamin K, selain pro-vitamin A ( beta-karotema ), B, dan C. Mineral yang dikandungnya berupa kalsium ( hingga 2,8% ), besi, kalium, fosfor, magnesium. Adapun penyebab pigmen warna gelap pada daun katuk karena adanya kandungan klorofil yang begitu tinggi. Baca pula :: Merk obat jari tangan keseleo di apotik herbal 

Inilah manfaat daun katuk bagi kesehatan, yang perlu Anda ketahui :

  • Daun katuk sumber vitamin A yang baik untuk mencegah penyakit mata dan melancarkan pertumbuhan sel, memelihara kesehatan kulit, sistem kekebalan tubuh, mengobati demam dan reproduksi.
  • Kandungan betakarotennya pun tinggi baik untuk mencegah gangguan kesehatan mata.
  • Membantu mencegah osteoporosis karena di dalamnya terdapat kalsium yang cukup baik. Bukan hanya itu, terdapat kalsium hingga 2,8%, dan juga besi kalium.
  • Mampu melancarkan ASI bagi ibu menyusui. Senyawa minyak esensial ( Saponin, flavonoid, tanin, triterpenoid ) sejumlah asam amino, vitamin A, B dan C juga mineral ( Kalsium, fosfor, zat besi ) dan 7 senyawa aktif lainnya.
  • Mengandung efedrin yang baik untuk penderita flu. Zat besinya yang tinggi pun untuk penderita anemia.
  • Kaya 7 senyawa aktif yang dapat merangsang produksi hormon steroid & senyawa eiksonoid.
  • Dapat di jadikan obat alami karena kaya akan vitamin A, B1, dan C. Senyawa fitokimianya seperti : Tanin, saponin dan alkaloid.
  • Baik untuk kesehatan pria. Mengandung zat aktif yang dapat merangsang sintesis hormon steroid misalnya : Progestron, dan testoteron sehingga membangkitkan vitaslitas seksual atau bersifat afrodisiak, dan memacu kualitas dan kuantitas sperma.

Lalu, bagaimana dengan penelitiannya ?

  • Di negara Taiwan dan Amerika daun katuk di jadikan bahan untuk pelangsing tubuh.
  • Sedangkan, hasil penelitian terbaru Dr.Drh Agik Suprayogi dari IPB menyebutkan fakta tentang manfaat daun katuk guna mengatasi penyakit anemia. Bagaimana caranya ? Daun katuk mempunyai kandungan zat besi tinggi, pada 100 gr daun katuk terdapat 2,7 mg zat besi. Dan kalsium 204 mg atau 4 x lebih banyak dari pada senyawa mineral dari daun kol. Bukan hanya itu, daun katuk membantu menghindari juga memperbaiki kelainan refroduksi laki-laki maupun perempuan. Membantu menghindari penyakit jantung juga gangguan pembuluh darah, menambah efisiensi absorpsi saluran pencernaan.
  • Hasil gambar untuk manfaat daun katukBaik itu untuk konsumsi ataupun ramuan pengobatan, jangan lupa cuci bersih sebelum di masak, rebus sampai daun melunak atau matang, dan hal ini tidak memerlukan waktu lama.
Demikianlah informasi perihal mengenali khasiat daun katuk bagi kesehatan tubuh, terimakasih telah bersedia menyimaknya hingga akhir dan semoga bermanfaat. Jumpa lagi di artikel lainnya dan salam sehat dari TokoRana.com
Post by >> Infoqnc.com

devi

View more posts from this author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *